Baik Anda menjual produk, mempromosikan layanan, atau sekadar ingin hadir secara online untuk perusahaan Anda, memiliki alamat email di domain Anda sendiri sangatlah penting. Tentu, layanan email seperti Yahoo, Hotmail, dan Gmail dapat digunakan tanpa biaya dan mudah diatur oleh pemula. Tetapi layanan email gratis memiliki kekurangannya:

Iklan — di kotak masuk Anda dan, lebih buruk lagi, di email keluar Anda.
Tidak dapat diandalkan — tidak ada jaminan bahwa alamat email Anda akan didukung dalam jangka panjang.
Tidak profesional — alamat gratis terlihat murahan di brosur, situs web, dan kartu nama.
Memperoleh alamat email domain Anda sendiri lebih dapat diandalkan dalam jangka panjang dan memberi Anda lebih banyak kendali atas tempmail Anda. Dan itu pasti membuat Anda terlihat lebih dapat dipercaya, dapat diandalkan, dan profesional. Jika Anda ingin mendapatkannya, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah cepat ini:

Pikirkan nama domain yang bagus

Nama domain adalah alamat ruang online Anda. Yahoo.com adalah contoh nama domain. Pikirkan dengan hati-hati untuk nama yang unik, mudah diingat, dan mencerminkan merek, bisnis, atau kepribadian Anda. Cobalah untuk menghindari nama yang kekanak-kanakan atau tidak profesional; Anda harus menemukan nama yang akan bertahan lama. Perhatikan juga beberapa nama pilihan kedua seandainya nama pilihan Anda sudah didaftarkan oleh orang lain.

Dapatkan domain dan hosting web Anda

Daftarkan nama domain dan daftar untuk hosting web. Sementara nama domain Anda adalah alamat online Anda, web hosting menyediakan ruang online Anda. Anggap saja sebagai perbedaan antara alamat rumah Anda dan rumah Anda yang sebenarnya. Anda dapat memilih untuk memperoleh nama domain dan hosting web secara terpisah, tetapi memilih hanya satu perusahaan disarankan untuk pemula — dengan begitu, Anda tidak perlu mengonfigurasi mereka untuk bekerja sama.

Jika nama domain pilihan Anda telah didaftarkan oleh orang lain, Anda memiliki pilihan untuk mencoba nama domain lain, atau mencoba nama yang mirip dengan ekstensi yang berbeda. Contoh ekstensi adalah.com,.net, dan.org. Jika yourbusiness.com diambil, coba daftarkan yourbusiness.net.

Sedangkan untuk hosting web, sangat penting untuk menemukan host web yang berkualitas. Di bawah ini adalah beberapa masalah yang perlu dipertimbangkan saat berlangganan hosting email:

Akun email. Jika Anda memiliki bisnis, Anda bukan satu-satunya yang akan menggunakan domain ini untuk alamat email Anda. Pastikan host web Anda menyediakan akun email yang cukup untuk mengakomodasi mitra bisnis dan karyawan Anda sehingga mereka juga dapat menikmati manfaatnya.
Akses email. Pastikan Anda dapat masuk ke email melalui media pilihan Anda, apakah itu melalui browser web, aplikasi desktop, atau ponsel Anda.
Proteksi spam. Sistem perlindungan spam yang baik akan menghemat banyak waktu dan frustrasi Anda.
Fitur email. Anda dapat memutuskan untuk mengirim buletin triwulanan atau pengumuman promosi sesekali kepada pelanggan Anda. Atau Anda mungkin ingin memiliki alamat email terpisah untuk berbagai peran bisnis Anda (seperti umpan balik pelanggan, dukungan, dan penagihan) — semuanya diteruskan ke satu alamat untuk pengambilan yang lebih mudah. Dapatkan hosting email yang memungkinkan semua yang Anda butuhkan.
Web hosting itu sendiri. Bahkan jika Anda hanya menginginkan alamat email sekarang, Anda mungkin ingin menggunakan domain yang sama untuk menyiapkan situs web di masa mendatang — jadi pilihlah host web yang akan memenuhi semua kebutuhan potensial Anda.
Buat dan uji alamat email Anda

Gunakan panel kontrol host web Anda untuk menyiapkan alamat email baru Anda. Setelah dibuat, cari tahu bagaimana Anda ingin mengakses email Anda. Jika Anda ingin membaca email langsung dari komputer, gunakan aplikasi desktop seperti Outlook atau Thunderbird. Jika Anda ingin memeriksa email di browser web, pastikan host web Anda menawarkan akses email web.

Jika Anda mengalami masalah saat menyiapkan akun atau mengonfigurasi akses email, bersabarlah. Baca instruksi host web Anda secara menyeluruh dan ikuti petunjuknya. Ini sangat membantu jika host web Anda menawarkan dukungan teknis yang baik sehingga Anda dapat mengaktifkan dan menjalankan email dengan cepat.

Setelah Anda mengatur email Anda, uji secara menyeluruh untuk melihat apakah itu berfungsi. Kirim beberapa email percobaan ke alamat baru Anda. Gunakan juga untuk mengirim email keluar.

Selamat. Anda sekarang memiliki alamat email yang unik dan profesional dengan nama domain Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *